Kamis, 18 Agustus 2011

Contoh Pidato Disiplin

Contoh pidato Tema Disiplin
Judul : Manfaat Menerapkan Displin

Anda mungkin melihat contoh pidato ini lebih cocok pada situasi dimana pembicara sedang pada acara penyuluhan atau silaturahmi orang tua murid dengan pihak sekolah.

Inilah contoh pidato yang dimaksud. Mungkin Anda bisa juga melihat dari berbagai situasi yang sesuai dengan contoh pidato ini. Pidato ini ibaratya di bawakan oleh Kepala Sekolah.


Assalamu alaikum wr.wb.
Yang terhormat bapak-ibu orang tua/wali murid
Yang terhormat para Undangan yang sudah hadir sesuai undangan kami
Yang terhormat bapak-ibu guru

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.

Sebentar lagi, sekitar 3 hari lagi anak-anak kita akan mulai melaksanakan proses belajar karena sebagaimana yang sudah kami informasikan di brosur bahwa mulai belajar adalah tanggal 13 Juni 2010 dan sekarang adalah tanggal 10 juni 2010.

Adabayak hal yang barangkali perlu kita ketahui bersama supaya nanti dalam proses belajar mengajar tercipta kondisi yang baik untuk proses belajar mengajar kita. Salah satu yang perlu kami sampaikan adalah bahwa sudah pasti di setiap sekolah akan diberlakukan tata tertib sekolah termasuk di sekolah ini.

Karenanya kami memandang bahwa bapak dan ibu sebagai orang tua mereka juga harus mengetahui apa saja tata tertib yang akan diberlakukan di sekolah ini. Ibu bisa membaca pada lembaran tata tertib yang bisa Anda dapatkan setelah acara ini selesai.

Bapak-babak dan ibu-ibu yang kami banggakan
Ada satu hal yang mungkin akan terus kami pantau adalah sifat disiplin mereka terhadap tata tertib yang akan diberlakukan. Tujuan penerapan disiplin ini tiada lain agar tercipta proses belajar mengajar yang berhasil baik dan menjadikan anak-anak kita bisa belajar secara maksimal.

Kita semua sebagai orang tua mudah-mudahan memahami arti pentingnya sebuah sikap disiplin untuk anak-anak kita yang suatu saat dengan disiplin sudah pasti akan meraih keberhasilan.

Dari sekian banyak manfaat disiplin, inilah 10 di antaranya yang penting diketahui oleh kita sebagai orang tua!

1. Menumbuhkan kepekaan.
Anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap-sikap seperti ini akan memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk ortunya. Alhasil, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.

2. Menumbuhkan kepedulian.
Anak jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin membuat anak memiliki integritas, selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik dan mudah mempelajari sesuatu.

3. Mengajarkan keteraturan.
Anak jadi memiliki pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktunya dengan baik.

4. Menumbuhkan ketenangan.
Penelitian menunjukkan, bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya, ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain.

5. Menumbuhkan sikap percaya diri.
Sikap ini tumbuh saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu yang mampu ia kerjakan sendiri.

6. Menumbuhkan kemandirian.
Dengan kemandirian anak dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Anak juga dapat mengeksplorasi lingkungannya dengan baik. Disiplin merupakan bimbingan pada anak agar sanggup menentukan pilihan bijak.

7. Menumbuhkan keakraban.
Anak jadi cepat akrab dan ramah terhadap orang lain, karena kemampuannya beradaptasi lebih terasah.

8. Membantu perkembangan otak.
Pada usia 3 tahun pertama, pertumbuhan otak anak sangat pesat. Di usia ini, ia menjadi peniru perilaku yang sangat piawai. Jika ia mampu menyerap disiplin yang dicontohkan orang tuanya, maka disiplin sejak dini akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif.

9. Membantu anak yang “sulit”, misal anak yang hiperaktif, perkembangan terlambat, atau temper tantrum.
Nah, dengan menerapkan disiplin, maka anak dengan kebutuhan khusus tsb akan mampu hidup lebih baik.

10. Menumbuhkan kepatuhan.
Hasil nyata dari penerapan disiplin adalah kepatuhan. Anak akan menuruti aturan yang diterapkan orang tua atas dasar kemauan sendiri.

Inilah sepuluh manfaat disiplin yang akan dirasakan oleh anak-anak kita yang semuanya bermuara untuk kebaikan anak-anak kita.

Peran kita sebagai orang tua mungkin membantu sekolah dengan cara membantu memahamkan kepada anak-anak kita betapa pentingnya disiplin buat mereka untuk masa depannya. Bantuan bapak dan ibu tentu akan lebih meringankan tugas pihak sekolah dalam meningkatkan kesadaran anak-anak kita untuk berlaku disiplin.

Sekian dulu apa yang saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan atau tidak pantas untuk disampaikan. Sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar